Cara Mudah Transfer Data BLACKBERRY ke Memory

Ada banyak fasilitas yang dapat kita gunakan dengan perangkat yang satu ini, BlackBerry menjadi salah satu perangkat gadget yang memiliki fasilitas untuk bersosialisasi dengan mudah dan efektif. Hal ini karena didukung dengan terjalinnya komunitas-komunitas yang terbentuk secara sinergis diantara para pengguna BB.
Cara Mudah Transfer Data BLACKBERRY ke Memory
Tim tips teknologi menjumpai beberapa permasalahan yang ditemui saat pengguna ingin melakukan transfer data dari memori ke BB atau sebaliknya. Hal ini terjadi saat pengguna beralih perangkat. Beberapa dari mereka merasa kebingungan saat melakukan transfer nomor-nomor PIN BB yang tersimpan di perangkat lama.
Di dalam BlackBerry yang digunakan, Anda tentu menyimpan banyak data penting seperti kontak, memo, email dan data lainnya. Wajar saja, karena Anda tentu mengandalkan smartphone BlackBerry untuk dapat menggantikan sebagian besar fungsi komputer.
Tapi perlu diingat pula bahwa  layaknya komputer, sistem operasi pada smartphone yang semakin rumit memungkinnya untuk mengalami crash atau kerusakan pada sistem. Jika hal ini terjadi tak jarang data penting yang tersimpan di dalam BlackBerry menjadi sulit diselamatkan atau bahkan tidak bisa diselamatkan sama sekali. Sebelum hal tersebut terjadi, Anda sebaiknya secara rutin melakukan backup untuk data-data yang dianggap penting.
Untuk data semisal foto, video dan audio tentu dapat dengan mudah di-copy ke komputer, namun ada beberapa jenis data tertentu yang tak kalah penting namun tidak mudah di-backup begitu saja, misalnya kontak, memo, email, dan data-data pada kalender.
Kali ini PULSA akan berbagi cara melakukan backup untuk jenis data seperti yang disebutkan sebelumnya. Selain menghindarkan Anda dari kehilangan data, cara ini memungkinkan Anda untuk memindahkan data-data tersebut dari BlackBerry lama keperangkat BlackBerry baru jika suatu hari diperlukan. Berikut caranya:
1. Untuk melakukannya Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga bernama Data Backup. Aplikasi ini bisa dicari dan download secara gratis dari AppWorld.
2. Tunggu hingga proses pengunduhan dan instalasi selesai berjalan, klik Yes pada tampilan Application Permission.
3. Selanjutnya Anda dapat langsung memilih aplikasi ini melalui menu utama untuk menjalankannya.
4. Pertama kali digunakan, pilihan yang tersedia hanya Create New Backup untuk membuat file backup baru.
5. Setelah itu layar akan menampilkan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat file backup. Langkah pertama, pilih jenis data yang ingin disertakan pada file backup. Tersedia pilihan kontak, memo, task, kalender, email, kategori dan call log.
6. Berikutnya Anda dapat menentukan nama file backup. Secara default, nama file backup diambil dari waktu pembuatan file tersebut. Namun pengguna dapat menggantinya sesuai keinginan agar lebih mudah diingat.
7. Selanjutnya tinggal klik pada tombol Backup.
8. Proses backup selanjutnya akan berjalan secara otomatis.
9. Setelah selesai Anda cukup menekan OK.
10. Untuk menmperingkas ukuran file backup, email yang di backup menggunakan aplikasi ini hanya berupa teks saja. Tidak termasuk gambar dan attachment lainnya.
11. Untuk melakukan restore, Anda tinggal menjalankan aplikasi dari menu utama kemudian pilih file Backup dari daftar yang tersedia.
12. Berikutnya Anda bisa memilih data apa saja yang ingin di kembalikan (restore) ke BlackBerry. Kemudian klik Restore.
13. Tunggu hingga aplikasi selesai melakukan restore, kemudian klik OK.

Click to comment