Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak atau Tidak Terbaca


Memori card atau kartu SD (SD Card) merupakan salah satu komponen penting yang dapat digunakan untuk menyimpan banyak data, pada umumnya SD Card ini juga sering disebut sebagai memori eksternal ponsel, saat ini penggunaan akan SD Card sendiri terbilang cukup tinggi karena semakin banyak data yang disimpan oleh penggunanya.

Ada banyak perangkat gadget yang memang telah memberikan penawaran memori internal yang berukuran besar, namun meskipun begitu tak pelak penggunanya tetap saja membutuhkan adanya tambahan ruang penyimpanan berupa memori eksternal yang dapat digunakan untuk menyimpan banyak data lebih.

Namun, rupanya memori eksternal pun juga mengalami banyak masalah yang terbilang cukup mengkhawatirkan bagi sebagian orang. Hal itu tentu saja menjengkelkan karena jika kartu memori atau memori eksternal mengalami masalah seperti demage atau tidak terbaca akan menyebabkan data yang ada didalamya tidak bisa digunakan.
Akan tetapi, saat ini anda tidak perlu khawatir. Tepat sekali anda membuka artikel ini yang akan memberikan anda tuntunan tips cara memperbaiki memori eksternal atau memperbaiki SD Card yang bermasalah :

Wajib membersihkan SD Card


Mungkin hal ini terbilang sepele namun tahukah anda bahwa memori eksternal yang tidak dibersihkan atau dalam keadaan kotor akan membuat file yang ada didalamnya tidak terbaca atau SD Card tidak terdeteksi oleh perangkat smartphone kita. Cara membersihkannya adalah pada bagian lempeng tembaga yang berwarna kuning keemasan tersebut bisa dibersihkan dengan menggunakan penghapus pensil yang berwarna putih secara perlahan hingga bersih.

Memformat dari perangkat smartphone Android


Jika memang anda tidak berhasil pada cara pertama, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memformat dari perangkat smartphone Android. Mungkin langkah kedua ini terbilang cukup tidak diinginkan karena jika memformat sama saja kita tidak bisa membaca file yang ada didalamnya. Memformat juga berarti membersihan file dan data didalamnya. Namun perlu diketahui untuk dapat memperbaiki kembali memori eksternal anda perlu rasanya dilakukan hal ini. Caranya anda ke Setting -> Storage. Dalam tampilan ini anda akan disuguhi pilihan Erase SD Card, jika anda menghapus SD Card maka bisa membersihkan SD Card seperti baru pertama beli.

Mengecek masalah menggunakan PC


Cara selanjutnya anda dapat mengecek masalah yang terjadi pada SD Card menggunakan perangkat komputer atau PC. Caranya adalah anda perlu menghubungkan perangkat Android ke PC dengan kabel data, pastikal Androidmu tehubung dalam keadaan Mass storage mode (MSC) bukan dengan keadaan Media transfer mode (MTP). Setelah itu buka Windows Explorer pada PC, klik kanan pada Drive kartu memori, pilihlah Properties -> Error Checking.

Format dari PC


Jika cara pertama, kedua dan ketiga tadi sudah tidak bisa lagi ampuh menyelesaikan masalah pada kartu memori anda maka tidak ada pilihan lain dalam hal ini anda perlu memformat SD Card pada perangkat PC.

Click to comment