Jenis – Jenis Media Komunikasi : Media Komunikasi Tradisional dan Media Komunikasi Modern

Jenis-Jenis Media Komunikasi
A.   Media Komunikasi Tradisional (Kuno)
1.     Kentongan
Kentongan atau disebut juga dengan jidor adalah alat pemukul yang terbuat dari batang bambu atau batang kayu yang dipahat.
Kentongan digunakan sebagai tanda alarm, sinyal komunikasi jarak jauh, morse, penanda adzan, maupun tanda bahaya.

Kentongan sering dimanfaatkan oleh penduduk yang tinggal di daerah pedesaan dan pegunungan.
Pada masa kerajaan, kentongan digunakan untuk menyampaikan pesan dan perintah dari sang raja kepada rakyatnya.


Petugas kerajaan cukup memukul kentongan dan dalam beberapa saat kemudian rakyat bergegas kumpul di tempat yang sudah biasa digunakan untuk pertemuan antara raja dengan rakyatnya untuk menyampaikan informasi.

2. Asap
Merupakan Media komunikasi unik yang sangat populer digunakan oleh bangsa Indian di Amerika. Asap dapat digunakan untuk mengirimkan informasi rahasia kepada teman maupun lawan.

Dalam berkomunikasi menggunakan asap, tidak ada kode-kode yang baku sehingga tidak semua orang dapat membaca maksud dari kepulan asap yang dikirim.
Namun asap dapat digunakan untuk meminta bantuan ketika seseorang sedang tersesat di hutan dengan cara menunjukan keberadaannya menggunakan asap.

Atau mungkin saat  mengadakan kegiatan Pramuka dimana mereka menggunakan asap dalam suatu permainan pesan berantai.

3. Prasasti
Prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama seperti batu, tembaga, dan sebagainya.
Di antara berbagai sumber sejarah kuno Indonesia, prasasti dianggap sumber terpenting karena mampu memberikan kronologis suatu peristiwa pada masa prasasti tersebut dibuat.
Prasasti merupakan sumber dokumen tertulis yang orisinil dan pasti terjamin keasliannya sebagai peninggalan masa lalu.

4. Daun Lontar
Daun lontar adalah daun dari pohon siwalan yang dikeringkan. Daun lontar dikenal juga sebagai daun pohon Nira.
Daun lontar dipakai untuk menulis naskah dan kerajinan. Naskah dari lontar banyak ditemukan di Sunda, Jawa, Bali, Madura, Lombok, dan Sulawesi Selatan.
Sedangkan kerajinan dari lontar digunakan untuk bahan baku atap rumah dan produk utama anyaman serta kipas.


B.   Media Komunikasi Modern
1.     Telegram
Telegram adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi jarak jauh dengan cepat, akurat dan terdokumentasi.
Telegram berisi kombinasi kode yang dikirimkan oleh alat yang disebut telegraf, dengan menggunakan kabel-kabel yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi yang lain.

2.     Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara.
Telepon merupakan peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon dan sebaliknya mengubah energi listrik dari kabel jaringan telepon menjadi suara.

3.     Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara.
Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele dari bahasa Yunani yang berarti jauh dan visio berasal dari bahasa Latin yang berarti penglihatan, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.”

4.     Telepon genggam (handphone)
Telepon genggam (telgam) atau telepon selular (ponsel) atau disebut pula handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless), sinyal-sinyal yang akan disalurkan lewat udara seperti halnya radio dan televisi.

Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).


5.     Faksimile
Faksimile atau biasa dikenal dengan faks, berasal dari kata 'fac simile' (make similar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya.
Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen baik berupa tulisan maupun gambar dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan dokumen aslinya.

6.     Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk menerima dan mengirim sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara.

7.     Komputer
Komputer merupakan alat yang digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh penggunanya.

8.     Majalah
Berfungsi sebagai media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan.


9.     Pager (Penyeranta)
Fungsi : sebagai alat  komunikasi yang digunakan untuk menerima pesan teks melalui jaringan tanpa kabel.

10.            Internet
Fungsi : Internet memiliki beberapa fungsi yaitu : Sebagai media melakukan transfer file , Sebagai sarana mengirim surat (email), Sebagai surat pembelajaran dan pendidikan, Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran, Melakukan mailing list, newsgroup, dan konferensi, Chating, Mesin pencari (search engine).

Untuk mengirim SMS ke telepon seluler, Sarana entertainment dan permainan, Berbagi pakai file, Menyimpan file multimedia seperti, audio, foto, dokumen, maupun video, Menjalin persahabatan / mencari teman baik local maupun mancanegara dengan situs jejaring sosial, Menyalurkan ide kreatif ide melalui blogging.

Click to comment